MASUKKAN KODE SLIDESHOW DI SINI

Selasa, 07 Februari 2017

Gejala Lipoma

Gejala Lipoma 

Gejala Lipoma ==> Lipoma bisa muncul di bagian tubuh manapun. Berikut ini adalah beberapa gejala atau ciri-ciri lipoma:


  1. Ukuran lipoma biasanya memiliki diameter kurang dari 5 cm, namun ukurannya bisa bertambah besar karena lipoma bisa tumbuh.
  2. Jika ditekan menggunakan jari, lipoma akan mudah bergerak, serta terasa lembek.
  3. Lipoma terletak di bawah kulit dan biasa muncul di area punggung, paha, leher, lengan, perut, atau bahu.
  4. Jika lipoma tumbuh makin besar dan mengandung banyak pembuluh darah atau menekan saraf di sekitarnya, lipoma akan terasa sakit.


Lipoma bisa tumbuh lebih besar dan lebih dalam, namun hal ini jarang terjadi. Jika tumbuh benjolan di area tubuh manapun, segera temui dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.
Selain lipoma ada juga penyakit lain yang menyebabkan tumbuhnya benjolan berisi cairan, biasanya nanah, di bawah kulit yaitu disebut kista. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara lipoma dengan kista:


  1. Jika disentuh, lipoma akan terasa lunak, namun kista akan terasa keras.
  2. Lipoma terletak lebih dalam di bawah kulit, sedangkan kista dekat dengan permukaan kulit.
  3. Lipoma tidak menyebabkan peradangan pada kulit, tapi kista bisa menyebabkan kulit membengkak dan berwarna kemerahan.


Penyebab Lipoma

Penyebab pasti lipoma belum diketahui, namun ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena lipoma.
Faktor genetika kemungkinan berperan dalam munculnya lipoma.
Walau lipoma bisa menimpa orang pada segala usia, namun lebih sering terjadi pada orang-orang yang berusia antara 40-60 tahun, dan jarang menimpa anak-anak.
Orang-orang yang menderita penyakit tertentu, seperti sindrom Cowden, sindrom Gardner, dan adiposis dolorosa.

Diagnosis Lipoma

Ada beberapa cara untuk mendiagnosis lipoma, seperti pemeriksaan fisik dan pengambilan sampel jaringan untuk pemeriksaan laboratorium yang disebut dengan biopsi. Untuk membedakan benjolan lipoma dari benjolan kista, bisa dilakukan pemeriksaan dengan ultrasound.
Jika lipoma yang timbul memiliki bentuk yang tidak biasa, berukuran besar, dan terlihat lebih dalam dari jaringan lemak, diagnosis dapat dilakukan dengan tes pencitraan, seperti CT scan atau MRI. Dan jika lipoma yang muncul tumbuh dengan cepat, terasa sakit dan tidak bergerak di bawah kulit, ada kemungkinan itu adalah liposarcoma atau tumor ganas yang tumbuh di jaringan lemak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar